-->

Cara memperbaiki Lubang Baut Tap Oli Shogun 125

baik kali ini admin akan membagikan tips kepada pakarnis sekalian seputar lubang/baut pembuagan oli motor, seperti diketahui ini menjadi sering bermasalah pada sebagian motor disebabkan kesalahan dalam memasang ataupun tidak mengathui tentang luabang pembuangan oli motor anda 


 
Nah berikut tips singkat seputar Lubang/Baut pembuangan oli motor

1. Sebaiknya berhati-hati dalam mengendarai motor  jangan sampai bagian bawah blok mesin mengenai atau ‘tersandung’ benda keras, misalnya waktu dipaksa naik ke trotoar, dll. Karena apabila salah posisi bisa fatal blok mesin retak/pecah dan untuk memperbaikinya harus turun mesin

2. Sebaiknya membuka baut oli dalam keadaan mesin dingin. Karena dalam keadaan mesin panas, kondisi lubang dan baut akan mengembang dan mencengkeran lebih keras. Sehingga pada saat panas membuka dan menutup baut (yang terbuat dari baja/besi) bisa merusak/memakan ulir lubang di blok mesin yang lebih lunak karena terbuat dari aluminium. Gunakan kunci yang baik saat membuka baut agar tidak merusak kepala baut. Rekomendasi pada saat membuka dengan KUNCI SOK dan saat menutup dengan KUNCI PAS. Perhatikan arah putaran buka/tutup baut. Kesalahan yang sering terjadi adalah salah memutar arah sehingga saat membuka malah jadi  mengencangkan  (dan dipaksa hingga doll/slek). Kemudian penggunaan KUNCI SOK pada saat mengencangkan juga cenderung over torque/over power.

3. Sebelum menutup lubang oli, bersihkan bagian drat lubang di blok mesin dengan lap untuk menghilangkan sisa-sisa gram/kotoran dari oli lama yang dapat mengikis drat lubang. Juga bersihkan baut dan lumasi dengan oli bersih untuk mempermudah pemasangan. Sebaiknya gunakan KUNCI PAS saat memutar baut. Pada saat posisi terakhir mengencangkan, perhatikan jangan sampai berulang dan terlalu kencang. Karena begitu baut sudah tidak bisa diputar hanya perlu ditambahkan pengencangan sedikit, maka baut sudah terikat sempurna, apabila dipaksakan bisa doll/slek
4. Jadi, apabila bocor hanya sebatas masalah di lubang dan bautnya maka dapat diselesaikan tanpa perlu upaya turun mesin. Kemungkinan yang doll/slek bisa di baut namun sebagian besar terjadi di lubangbaut (yang lebih lunak properti logamnya). Namun lebih parah apabila blok mesin pecah/retak maka upaya turun mesin perlu dilakukan untuk menambal bagian yg retak/pecah/bocor tersebut.
 
demikian artikel ini smeoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi buat pakarnis sekalian dalam memahami bagian-bagian dari motor.
Facebook Comments

0 komentar